Ridwan Kamil Sebut Pahlawan Era Sekarang Ada di Dunia Digital

Ridwan Kamil Sebut Pahlawan Era Sekarang Ada di Dunia Digital
Info Faktual. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil punya pandangan tersendiri tentang sosok pahlawan di zaman sekarang. Saat memberikan tausiyah pada Gerakan Subuh Jamaah Nasional (GSJN) di Masjid Salman ITB Bandung, Sabtu 3 November 2018, Emil, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa pahlawan merupakan individu yang sudah selesai mendefinisikan kebutuhan dirinya sehingga dapat memberikan waktunya untuk masyarakat.

Bagi Emil, pahlawan di era 4.0 ini bukan lagi ada di dimensi kebebasan (memperebutkan kemerdekaan), tetapi ada di dimensi kemajuan. Ia menamakannya pahlawan digital. Menurutnya, pahlawan digital ini mampu menjadi penghubung antara masalah yang terjadi di masyarakat dengan solusinya.

“Saya melihat pahlawan digital adalah kesempatan emas bagi generasi milenial sekarang ini, karena tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Pahlawan digital ini adalah konektor, penghubung antara masalah dengan solusi, berbasis teknologi digital,” kata Emil dalam rilis Humas Pemprov Jabar.
Emil mencontohkan situs donasi kemanusiaan kitabisa.com yang mampu menghimpun sumbangan sebesar Rp4,5 miliar untuk Rohingya hanya dalam waktu empat hari. Itu merupakan salah satu terobosan pahlawan digital yang patut ditiru.

Ada pula aplikasi ojek online Gojek, juga aplikasi yang mempromosikan masakan ibu-ibu yang tidak punya warung. Pencetus-pencetus kemajuan teknologi itulah yang dimaksudkan Emil sebagai pahlawan digital.
“Pahlawan hari ini beda dengan dulu, bukan perang-perangan lagi. Sekarang pahlawan bukan dimensi kebebasan, tapi dimensi kemajuan,” kata Emil.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto Menandatangani Sekaligus Menyepakati Isi Pakta Integritas Yang Dihasilkan Forum Ijtima Ulama II

Tingkatkan Ekspor Ke China, Indonesia Pamer Produk Unggulan Ke Importir China